Jangan Simpan Barang-Barang Ini Di Dalam Safe Deposit Box Anda


Jangan simpan barang-barang ini di safe deposit box

Safe Deposit Box (selanjutnya disingkat SDB) adalah elemen penting dalam melindungi barang berharga Anda. Tingkat keamanan bank yang biasanya lebih tinggi daripada tingkat keamanan dirumah seringkali membuat banyak orang memilih untuk menyimpan barang berharganya di SDB. Tapi jangan lupa, ada beberapa keadaan yang menyebabkan barang-barang tertentu menjadi kurang ideal untuk disimpan didalam SDB.


Salah satu faktor penting yang patut dipertimbangkan adalah Jam Kerja Bank yang tertentu. Jam kerja yang singkat pada hari Sabtu dan Minggu dan bahkan ada banyak bank yang tutup di hari Sabtu dan Minggu. Bank-bank juga tutup pada hari libur nasional. Sehingga Anda pasti pasti tidak ingin menyimpan barang-barang yang mungkin Anda butuhkan dalam keadaan darurat atau apa pun yang Anda akan sering gunakan pada hari libur.


Kami sudah merangkum beberapa hal spesifik yang tidak seharusnya dimasukkan ke dalam SDB Anda serta beberapa tips tentang apa yang dapat Anda simpan di sana sebagai gantinya.


JANGAN!

  • Surat Wasiat Jika Anda adalah satu-satunya orang yang memiliki akses ke SDB Anda, maka akan sangat sulit bagi siapa pun untuk membukanya lagi setelah Anda mati. Orang yang Anda cintai dan tim pengacara anda akan perlu melalui proses yang panjang di pengadilan untuk mendapatkan akses untuk membuka SDB anda. Proses yang panjang ini dapat mengganggu dalam menyelesaikan masalah warisan dan lainnya supaya dapat diselesaikan pada waktu yang tepat dan sesuai dengan keinginan anda.

  • Uang Tunai Ketika Anda menyimpan uang tunai di Safe Deposit Box, anda tidak akan mendapatkan bunga dan uang tersebut tidak diasuransikan/dijamin oleh LPS (Lembaga Penjamin Simpanan). Jika anda menyimpan uang dengan tujuan mempunyai simpanan untuk keadaan darurat, safety deposit box bukanlah merupakan pilihan yang tepat karena uang anda tidak dapat diakses dengan segera.

  • Paspor Dokumen ini adalah identitas anda dan diperlukan untuk melakukan perjalanan keluar negeri. Karena bepergian lebih sering terjadi di sekitar musim liburan, kita tidak merekomendasikan anda menyimpan paspor anda di SDB. Jika anda melupakan paspor anda tepat disaat anda akan memulai perjalanan anda, bisa dipastikan anda akan kesulitan untuk mendapatkan akses ke dalam SDB anda.

  • Kartu Identitas Lainnya Sekali lagi, karena ini adalah dokumen resmi yang mungkin Anda perlukan untuk membuktikan identitas Anda dalam keadaan darurat, Anda harus bawa kartu-kartu ini dengan anda dan dapat diakses di sewaktu-waktu. Jangan sampai kartu-kartu ini tersimpan di dalam SDB anda ketika anda memerlukannya.

  • Kunci Cadangan Kunci cadangan mobil, rumah, atau apapun juga, kunci cadangan seharusnya bisa diakses sewaktu-waktu. Anda pasti tidak mau kan jika harus menunggu satu hari kerja berikutnya untuk membuka mobil atau rumah Anda?


SIMPAN!

Ini adalah beberapa barang yang lebih cocok disimpan di dalam safe deposit box anda:

  • Akta Kelahiran

  • Akta / Surat Nikah

  • Polis Asuransi

  • Surat Tanah

  • Koleksi Barang Antik (Batu Akik, Keris, Aksesoris Langka)

  • Koleksi Perhiasan Berharga (Berlian, Kalung Emas, Gelang Emas, Emas Batangan)

  • Barang Pusaka / Peninggalan Keluarga

  • Mata Uang Asing


TIPS DAN ALTERNATIF

Jadi, di mana anda harus menempatkan hal-hal yang tidak anda masukkan ke dalam safety deposit box anda? Alternatif terbaik adalah memiliki lemari besi atau brankas yang aman di dalam rumah. Lemari Besi yang ideal untuk rumah anda adalah Brankas yang tahan api, tahan dobrak dan juga tertanam di lantai. Jika tidak ditanam dilantai, minimal brankas tersebut harus memiliki bobot yang sangat berat sehingga tidak mungkin digeser atau bahkan dibawa kabur oleh pencuri.


Brankas adalah target yang jelas untuk para maling karena mereka berpikiran bahwa di dalamnya pasti ada barang berharga yang bisa mereka ambil. Jika ternyata lemari besi tersebut cukup ringan, bisa dipastikan mereka akan dapat dengan mudah mengangkat dan membukanya dengan mudah.


Alternatif lain adalah dengan menyembunyikan lemari besi di suatu tempat yang tidak mencolok. Anda juga dapat menyembunyikannya di dalam kamar anak dimana pencuri tidak dapat mengaksesnya karena berdasarkan pengalaman, pencuri jarang mencari barang berharga di dalam kamar anak.


Ketika Anda menyimpan sesuatu di dalam SDB, pilih kotak yang lokasinya tinggi untuk menghindari kerusakan dari kemungkinan banjir. Kemudian simpan semua barang-barang Anda di dalam kontainer tahan air atau di dalam plastik yang kedap air & udara dan jangan pernah simpan informasi mengenai kunci SDB anda.


Jangan simpan nomor box, password, nama bank, nama anda, maupun lokasi bank pada gantungan kunci SDB maupun di dekat anda menyimpan kunci SDB anda.


Sebagai informasi, kami Solingen Semarang memiliki beragam tipe lemari besi merk Solingen untuk keperluan penyimpanan barang berharga anda. Lihat produk kami disini. Lemari besi Solingen tipe wall safe dan floor safe juga dapat ditanam di lantai maupun di dinding sehingga kecil kemungkinan pencuri dan maling bisa membawa kabur lemari besi anda. Segera konsultasikan kepada kami apabila anda memiliki kebutuhan lemari pengaman dengan mengisi form ini (24 jam) atau anda dapat menghubungi kami pada jam kerja di 024-3559720 / 3540604.


Lindungi barang-barang dengan cara yang aman dan cerdas sehingga anda bisa tenang ketika mengetahui harta yang paling berharga anda tersimpan dengan baik. Bagikan artikel ini kepada teman dan tetangga yang saat ini memiliki atau sedang mempertimbangkan menyewa safety deposit box (SDB)!



Sumber : http://www.protectamerica.com/home-security-blog/protect-america-2/realblogging-what-not-to-put-in-your-safety-deposit-box_10480


#safedepositbox #sd #lemaribesi #brankas #semarang #jawatengah #suratwasiat #uangtunai #paspor #simpan #aktakelahiran #suratnikah #asuransi #barangberharga #perhiasanmewah #matauangasing #simpanvalas #kuncihilang #brankastanam #brankaslantai #dibobolmaling #banksdb #bank #simpandibank #sewaSDB #servisSDB #serviskuncisdb

Featured Posts
Recent Posts